Sabtu, 14 November 2009

gol ke 200

GOL KE-200 RAUL JAUHKAN MADRID
09 Mar 2008 12:48:00 WIB

REAL Madrid mampu mengejar ketinggalan dan menang atas Espanyol untuk mengobati kekecewaan tersingkir dari Liga Champions beberapa hari lalu. Meski tampil tidak meyakinkan, kemenangan ini sangat penting buat pelatih Bernd Schuster yang berada dalam posisi tertekan akibat rapor timnya yang belakangan tidak terlalu bagus.

Efek kekalahan dari AS Roma masih jelas terlihat dalam penampilan El Real. Di 10 menit pertama, Raul cs susah sekali untuk keluar dari area permainannya sendiri. Espanyol yang pekan lalu menang atas Valencia untuk menghentikan rekor buruk 6 kali kalah dari 7 pertandingan, langsung menekan tuan rumah sejak kick off.

Baru 90 detik, Jonathan memaksa kiper Iker Casillas terbang untuk menepis tendangan kerasnya dari jarak 25 meter. Tandukan Valdo – yang meneruskan umpan Luis Garcia dari free kick – seharusnya sudah membuat tim tamu unggul. Sayang masih melebar. Di menit ke-10, kiper Espanyol, Carlos Kameni nyaris menyaksikan gol konyol ketika gagal mengantisipasi back pass bek Torrejan. Untung bergulir sedikit di samping gawangnya.

Di menit ke-30, sebuah sepak pojok yang dilayangkan Luis Garcia bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Valdo dengan sebuah sundulan mematikan, 0-1. Madrid langsung bangkit. Kameni harus melakukan penyelamatan susah payah yang membentur mistar untuk menepis free kick Julio Baptista dari jarak 25 meter.

Ketika babak pertama tampaknya akan berakhir untuk keunggulan tim tamu, Marcelo mampu mengirim umpan akurat ke jantung pertahanan Espanyol – setelah melewati Valdo. Dengan sentuhan lutut, Gonzalo Higuain melesakkan bola ke gawang Espanyol untuk menyamakan kedudukan, 1-1.

Di babak kedua, Madrid masih terlihat rapuh dan tidak solid. Sebaliknya, Espanyol lebih kaya kreativitas dan agresivitas. Milan Smiljanic nyaris membuat Espanyol unggul dengan tembakan jarak jauhnya. Hanya penyelamatan Pepe yang membuat Casillas terhindar dari gol kedua. Meski Guti sempat merepotkan Kameni dengan tendangan akuratnya, Madrid terlihat kekurangan visi dan gairah untuk mencetak gol.

Beruntung pada menit ke-71 Raul Gonzalez dijatuhkan oleh Daniel Jarque di kotak terlarang. Kapten dan icon Madrid ini tak membuang kesempatan untuk mencetak golnya yang ke-200 bagi klubnya, 2-1. Tiga poin penting meski diraih dengan penampilan pas-pasan.

Di pertandingan lain, Atletico Madrid gagal mempertahankan keunggulan dan akhirnya harus menyerah kalah dari tuan rumah Real Zaragoza.

Pelatih keempat Zaragoza musim ini, Manolo Villanova, mendapatkan debut kemenangan berkat gol bunuh diri bek Atletico, Pablo Ibanez dan gol ke-15 Diego Milito yang dicetak melalui tendangan penalti di babak kedua. Dua gol yang membuat keunggulan Atletico di babak pertama berkat gol indah Simao Sabrosa terbuang percuma. Sialnya, dua peluang emas lewat kaki Sergio Aguero dan Diego Forlan di injury time gagal menemui sasaran. Hasil ini membuat Atletico Madrid tertahan di peringkat ke-4 dengan 44 poin – surplus 2 nilai dari Espanyol. (aga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar